Sedang Mencari Perumahan Terdekat dari Pusat Kota? 7 Tips Ini Perlu Diperhatikan, Nih — Tiara Tia - A Lifestyle and Review Blog

Sedang Mencari Perumahan Terdekat dari Pusat Kota? 7 Tips Ini Perlu Diperhatikan, Nih

Milenial dan rumah pertama, dua hal yang akhir-akhir ini selalu diperdengungkan oleh beberapa teman. Yah wajar sih, seusia kami sudah sepatutnya memikirkan tentang pekerjaan, masa depan, finansial, pasangan, dan tempat tinggal. Sudah saatnya untuk mulai settle dan hidup mandiri. Masa mau menumpang tinggal sama orang tua terus, kan? perumahan terdekat.

Terus muncul lagi pertanyaan, mau beli rumah secara cash atau KPR? Kalau uangnya sudah terkumpul sih maunya pasti beli rumah cash aja kan, jadi rumahnya bisa langsung didapatkan tanpa kewajiban harus mengangsur setiap bulannya selama jangka waktu tertentu. Namun masalahnya, emang uang yang terkumpul sudah cukup untuk beli rumah?


perumahan terdekat


Tapi untuk pilihan beli rumah secara cash ataupun KPR ini kembali lagi kepada orang yang bersangkutan, apakah memang berniat untuk mengajukan KPR sedari awal, atau uangnya sudah ada namun sudah dialokasikan untuk beberapa kebutuhan. Yang terpenting adalah jangan sampai men-judge atau memaksakan kehendak kita kepada orang lain. Kita pulalah yang paling tahu bagaimana kondisi keuangan diri sendiri, jadi jangan sampai memaksakan diri (dan berakhir dengan nggak bisa bayar angsuran bulanan), ya.

Ah, menjadi dewasa itu memang membingungkan ya kan, penuh dengan pilihan yang mau atau tidak mau harus dipilih dan dilakukan. Tapi itulah seninya menjadi orang dewasa, bukan?

Balik lagi kita ngomongin soal tempat tinggal nih, baik memilih untuk menyewa rumah atau beli rumah aja (cash ataupun KPR), pastinya kita ingin mencari perumahan terdekat dari pusat kota, agar tidak perlu direpotkan dengan perjalanan jauh di setiap harinya. Tapi pada penasaran nggak sih, apa saja yang harus diperhatikan saat mencari perumahan terdekat dari pusat kota ini?




Sedang Mencari Perumahan Terdekat dari Pusat Kota? 7 Tips Ini Perlu Diperhatikan, Nih




Lokasi Perumahan Terdekat dari Pusat Kota


Lokasi menjadi hal pertama yang harus diperhatikan saat mencari perumahan terdekat dari pusat kota. Bukan rahasia lagi kalau perumahan yang berada tepat di pusat kota itu harganya cukup menguras kocek. Apalagi untuk kaum milenial yang tabungannya pas-pasan, agak ke pinggiran kota sih nggak apa-apa. Tapi cek terlebih dahulu, apakah masih ada perumahan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, namun harganya tidak terlalu jauh dari perumahan di pinggir kota, atau bahkan sudah berada di kota lain? Cek dengan lebih cermat, ya.



perumahan terdekat
Mencari perumahan terdekat dari pusat kota haruslah cermat




Mudah Diakses


Hal kedua yang harus diperhatikan adalah kemudahan dalam mengakses perumahan tersebut, dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Apabila perumahannya harus melewati gang, apakah jaraknya dengan jalan raya itu jauh? Apakah perumahan tersebut dekat dengan jalan raya atau bahkan, jalan tol?


Fasilitas Umum


Hal ketiga adalah fasilitas publik. Cek apakah perumahan tersebut dekat dekat fasilitas umum, atau mungkin kawasan perumahan tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas umumnya sendiri. Sebagai contoh: pusat perbelanjaan, fasilitas pelayanan kesehatan, pasar, rumah sakit, puskesmas, taman, sarana rekreasi, rumah ibadah, halte, stasiun, hingga fasilitas pendidikan. Semakin lengkap fasilitas umum yang tersedia di sekitar lokasi perumahan tersebut, maka semakin baik.


Koneksi Internet


Kenapa koneksi internet harus dimasukkan dalam daftar yang harus diperhatikan saat mencari rumah terdekat? Tentu saja untuk memenuhi kebutuhan hidup kita saat ini akan koneksi ke dunia maya. Apalagi saat pandemi saat ini, work from home tanpa koneksi internet yang mumpuni pastinya menyusahkan.

Aku ingat betul, ada seorang teman yang mengeluh susah sinyal dan koneksi internetnya ternyata menyedihkan, segera setelah dia pindah ke rumah yang baru dibelinya. Nah kalau sudah begini, mau nyalahin siapa coba? Diri sendiri dong pastinya, mengapa tidak mengecek hal sekrusial itu.



perumahan terdekat
Ada 7 tips mencari perumahan terdekat dari pusat kota.




Perumahan Terdekat yang Bebas dari Bencana Alam


Meskipun kita tidak pernah bisa memprediksi kapan datangnya bencana alam, sudah menjadi tugas kita untuk melakukan antisipasi. Ada bencana gempa bumi, banjir, angin topan. Maka lokasi perumahan yang bebas dari bencana alam bisa menjadi pilihan, terutama bila memilih perumahan terdekat dari pusat kota, misalnya bencana banjir saat musim hujan di perkotaan.

Bagaimana mencari perumahan yang bebas bencana ini? Yang harus kita lakukan adalah mengecek saluran drainase dan saluran pembuangan air. Pastikan pula tanahnya berada dalam kondisi baik dan stabil. Hal ini untuk menghindari terjadinya pergeseran tanah, sehingga kemungkinan rumah retak ataupun roboh dapat dikurangi.


Tingginya Tingkat Keamanan


Security menjadi hal yang tak boleh dilupakan. Tingkat keamanan memang menjadi poin penting saat mencari lokasi perumahan terdekat dari pusat kota. Cari informasi mendetail kepada warga di sekitar perumahan mengenai keamanan perumahan tersebut.

Cek petugas keamanannya, apakah selalu siap siaga memantau selama 24 jam, dengan cctv di setiap sudut, serta one gate system untuk menemukan perumahan strategis dengan tingkat keamanan tinggi.


Dekat dengan Pusat Bisnis


Dekat dengan pusat bisnis menjadi pertimbangan terakhir dalam memilih perumahan terdekat dari pusat kota, misalnya rumah dijual di Palembang. Pusat bisnis ini contohnya adalah bank, pertokoan, mall, cafe, restoran, swalayan, dan kompleks perkantoran.



Nggak perlu lagi bingung mencari lokasi perumahan di Indonesia ini, apalagi jual rumah Palembang dengan menerapkan 7 tips di atas ini. Tapi ingatlah, bila memang uangnya belum tercukupi untuk membeli rumah dengan cash ataupun KPR, menyewa rumah kontrakan tak ada salahnya kok. As long as you happy, then you deserve it, my friends.

Selamat mencari rumah idamanmu, temans! ^^

Komentar

back to top