7 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Wajib Kita Ketahui — Tiara Tia - A Lifestyle and Review Blog

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Wajib Kita Ketahui

Lidah buaya atau nama ilmiahnya aloe vera cukup sering ditemukan di Indonesia. Tanaman ini bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk bahan makanan, namun juga punya segudang manfaat. Aloe vera punya banyak vitamin yang dikandungnya, misalnya vitamin A, C, E, B12, asam lemak, asam amino esensial, zinc, dan mineral tembaga. Awalnya, aku hanya mengenal lidah buaya sebagai salah satu cara untuk memperbaiki dan memperkuat helai rambut. Namun ternyata ada beragam manfaat dari lidah buaya, terutama manfaat lidah buaya untuk wajah. Ada apa saja?


manfaat lidah buaya untuk wajah





7 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Wajib Kita Ketahui




Meredakan Sensasi Kulit Terbakar


Terlalu lama terpapar sinar matahari dengan sinar ultravioletnya yang jahat itu dapat mengakibatkan kulit terbakar. Ciri khasnya adalah kulit menjadi kemerahan dan terasa pedih. Kulit terbakar ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, untuk itulah lidah buaya dapat kita manfaatkan. Caranya simpel, cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit terbakar. Gunakan setidaknya sehari sebanyak tiga kali menggunakan kain kasa hingga kulit normal kembali. Jangan lupa gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, ya.


Mengatasi Kulit Kering


Kulit kering memang nyebelin, sih, apalagi kalau sampai bersisik saking keringnya. Tenang aja, ada lidah buaya to the rescue, dong! Masalah kulit kering dapat diatasi dengan menggunakan gel lidah buaya yang dapat menyerap ke dalam lapisan kulit dengan cepat dan melembapkannya. Gel lidah buaya ini bisa kita gunakan sebagai pengganti moisturizer atau digunakan setelah pelembap tersebut.



manfaat lidah buaya
Ada 7 manfaat lidah buaya untuk kulit dan rambut



Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah: Meredakan Jerawat Meradang


Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang berarti dapat membantu meredakan peradangan, sehingga bisa kita gunakan untuk meredakan jerawat yang sedang mekar-mekarnya. Sebut saja jenis jerawat pustula atau nodula, misalnya. Apalagi caranya pun sangat mudah, hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya di area jerawat sebanyak tiga kali sehari dengan bantuan kapas.


Mengobati Luka Lecet dan Luka Sayatan


Sifatnya yang anti inflamasi ini juga menjadikan lidah buaya sebagai salah satu opsi untuk mempercepat dalam mengobati luka. Dengan struktur molekular di dalamnya dapat mengobati luka secara cepat, melawan bakteri dan meningkatkan kolagen di kulit, sehingga lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka lecet dan luka sayatan. Cara penggunaannya gampang, dengan mengoleskan gel lidah buaya sebanyak tiga kali sehari pada area luka.



manfaat lidah buaya untuk wajah



Mengatasi Gejala Eksim


Eksim memang menyebalkan, namun dapat diatasi dengan lidah buaya mudah meresap ke dalam lapisan kulit. Oleh karena itu, lidah buaya dapat bermanfaat untuk melembapkan kulit kering dan gatal karena gejala eksim. Lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatasi dermatitis seboroik.


Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut


Selain manfaat lidah buaya yang dikhususkan untuk muka, ternyata ada banyak manfaat lidah buaya untuk rambut. Sebagai contoh, lidah buaya dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal di kepala, mengatasi rambut berminyak, memperbaiki rambut yang rusak, memperkuat helaian rambut, merangsang pertumbuhan pada rambut, mengurangi radar kerontokan, melembapkan rambut, memberikan nutrisi ke folikel rambut, memperbaiki rambut yang bercabang, serta membuat rambut tampak lebih sehat dan berkilau.



Nah, itulah tujuh manfaat lidah buaya untuk rambut dan wajah yang wajib kita ketahui. Setelah mengetahui ketujuh manfaat lidah buaya ini, sudah waktunya untuk mencoba lidah buaya sebagai alternatif perawatan dan kesehatan wajah serta rambut. Selamat mencoba.. ^^

Komentar

back to top