Perawatan Rambut Panjang di Rumah Aja Saat Pandemi — Tiara Tia - A Lifestyle and Review Blog

Perawatan Rambut Panjang di Rumah Aja Saat Pandemi

Punya rambut panjang dan terbiasa untuk melakukan perawatan rambut, sementara pandemi memaksamu untuk sebisa mungkin di rumah aja? Mari kita tos, karena kita bernasib sama. Terhitung sudah lebih dari enam bulan aku belum berkunjung lagi ke salon, sementara biasanya rambutku menuntut untuk dipotong setidaknya tiga hingga bulan sekali. Maka dari itu, kali ini aku akan memberikan tips perawatan di rumah. Psssst, termasuk di dalamnya manfaat conditioner yang penting banget buat rambut, loh!

By the way, kenapa aku memilih untuk sebisa mungkin nggak ke salon? Sebab salon merupakan ruang tertutup dan tidak memungkinkan kita untuk membuat jarak sesuai anjuran protokol kesehatan. Kita juga akan bersentuhan langsung dengan pegawai salonnya, sehingga bisa dikatakan bahwa salon cukup berisiko untuk didatangi pada saat ini.


perawatan rambut



Maka alih-alih ke salon, perawatan rambut panjang di rumah juga bisa kok. Yup, ternyata nggak harus ke salon untuk melakukan perawatan rambut. Cukup di rumah aja dengan biaya yang jauh lebih murah, serta lebih aman dari risiko terpapar virus corona. Apa saja tipsnya?




7 Tips Perawatan Rambut Panjang di Rumah Aja Saat Pandemi




Perawatan Rambut Panjang: Jangan Keramas Terlalu Sering


Keramas setiap hari membuat rambut kehilangan minyak alaminya, menyebabkan rambut kering, rusak, dan kusam. Maka sebaiknya cuci rambut setiap dua hingga tiga hari sekali, kecuali bila diperlukan, misalnya rambut terlalu kotor atau tinggal di tempat panas sehingga rambut panjang menjadi terlalu berminyak. Oh iya, keramaslah dengan air dingin untuk menghindari rambut kering dan kusut.


Menggunakan Conditioner


Satu hal yang tidak boleh ketinggalan adalah menggunakan conditioner dari tengah hingga ujung rambut. Conditioner bermanfaat dalam perawatan rambut untuk membuatnya lebih 'nurut', lembab, dan kuat. Ingatlah, jangan sampai menggunakan conditioner hingga ke kulit kepala, sebab dapat memunculkan ketombe dan kulit kepala kering.



perawatan rambut
Perawatan rambut: keringkan secara alami.


Keringkan Rambut Panjang Secara Alami


Daripada terbiasa menggunakan hair dryer setiap kali keramas, lebih baik keringkan rambut secara alami. Rambut basah lebih rentan, oleh karena itu untuk mengeringkannya cukup ditepuk-tepuk pelan rambut panjang mu itu dengan handuk. Jangan pula menggosok-gosokkannya dengan kasar, sebab rambut akan menjadi kasar dan rusak.


Jangan Terlalu Sering menggunakan Hair Styling Tools


Panas yang dihasilkan dari hair styling tools, seperti pelurus atau pengeriting memang bisa membuat rambut menjadi kering, apalagi bila tidak dilapisi dengan heat tamer sehingga rambut berhadapan langsung dengan panas yang dihasilkan hair styling tools tersebut. Maka alat penata rambut ini bisa diistirahatkan sementara saat pandemi, dan biarkan rambut kita bernapas dan beristirahat. Your hair would love it so much, girls!


Gunakan Sisir Bergigi Jarang


Berdasarkan kerapatannya sisir dapat kita bedakan menjadi dua pilihan, yaitu sisir bergigi jarang dan sisir bergigi rapat. Sisir bergigi rapat biasanya digunakan untuk membuat penampilan yang lebih rapi dan membuat sasak rambut. Sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan sisir bergigi rapat, terutama bila rambut masih basah seusai keramas.

Gunakan saja sisir bergigi jarang untuk mencegah kerontokan rambut. Sisir bergigi jarang tidak menarik dan tidak menekan rambut secara berlebihan. Sisir bergigi jarang juga dapat merapikan dan menguraikan kusut pada rambut, loh.


rambut panjang
Rambut panjang selama pandemi? Tenang, bisa dirawat di rumah aja kok.


Menggunakan Masker untuk Perawatan Rambut


Masker rambut mengandung nutrisi yang dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan rambut, melembabkan, dan membuat rambut berkilau. Bila kita menggunakan conditioner setiap habis keramas, masker rambut dapat digunakan perminggu saja, sebab nutrisinya lebih banyak dan butuh waktu cukup lama dalam penggunaan masker rambut ini ketimbang conditioner.


Jangan Mengikat Rambut Panjang Terlalu Kencang


Agar rapi lebih lama, kita seringkali mengikat rambut terlalu kencang tanpa disadari. Padahal rambut yang diikat terlalu kencang akan menghambat sirkulasi darah dan oksigen pada kulit kepala. Hal ini dapat mengakibatkan kepala pusing, rambut kering, rontok, patah, ketombe, kulit kepala gatal, dan menghambat pertumbuhan rambutmu.



Nah, itulah 7 tips perawatan rambut panjang di rumah aja selama pandemi ini, mulai dari mencuci rambut hingga produk yang harus digunakan. Selamat mencoba ^^.

Komentar

back to top