7 Tips Mencuci Jaket agar Warnanya Tetap Cerah — Tiara Tia

7 Tips Mencuci Jaket agar Warnanya Tetap Cerah

Jaket, sebuah fashion item yang tak lagi asing bagi kita. Tak jarang yang menjadikannya sebagai wardrobe wajibnya sehari-hari. Apa sebabnya? Tentu saja karena jaket membuat penampilan kita jadi lebih oke, bahkan kaos oblong sekalipun akan terlihat lebih kece bila ditambahkan jaket. Sesederhana itu. Oh iya, sesuai judulnya, kali ini aku akan membahas tips mencuci jaket agar warnanya tetap cerah ya.

Ada beragam pilihan jaket yang bisa kita mix and match setiap harinya. Mulai dari jaket kulit, jaket parasut, sweater, jaket jeans, hingga jaket hoodie katun. Setiap pilihan jaket pun memberikan kita kesan yang berbeda, mulai dari tomboy hingga girly. Kalau aku sih lebih suka menggunakan jaket hoodie katun apalagi saat jalan-jalan, terutama ke Pulau Kemaro sebelumnya, tapi ini tergantung preferensi masing-masing sih. 


tips mencuci jaket


Nah, salah satu problem menggunakan jaket ini adalah warnanya yang sering pudar bila dicuci secara asal-asalan. Diperlukan tips dan trik saat mencuci agar warnanya tetap cerah dan terjaga. Ini dia lima tips mencuci jaket yang bisa kamu praktikkan di rumah nih.




7 Tips Mencuci Jaket agar Warnanya Tetap Cerah



Jangan Langsung Dicuci

Jaket tak harus dipakai sekali saja, karena jaket bisa digunakan dua, tiga, atau mungkin empat kali. Bila jaket tak terlalu kotor, memang sebaiknya jangan terlalu sering langsung dicuci. Kita kan juga menggunakan kaos atau jenis atasan lain sebelum mengenakan jaket. Apalagi bila jaket hanya digunakan selama beberapa jam saja, belum kena noda, asap, keringat berlebih, ataupun kotoran, maka gantung saja dan angin-anginkan. Lebih menghemat waktu dan tenagamu juga, kan?


tips mencuci jaket
Tips mencuci jaket: jangan langsung dicuci bila baru digunakan beberapa jam


Pahami Instruksi Mencuci di Label Jaket

Tips mencuci jaket yang pertama: cek label dari setiap jaket yang kamu punya. Pada label tersebut biasanya terdapat bahan dasar jaket dan bagaimana instruksi mencuci yang benar sesuai dengan bahan jaket tersebut.


Pisahkan Jaket Berdasarkan Warna

Warna-warna gelap biasanya lebih mudah pudar atau bahkan luntur. Untuk itu, pisahkan jaket berdasarkan warna. Warna-warna gelap disatukan pencuciannya, begitu pula dengan warna-warna lebih muda. Kalau bisa sih, jaket putih digabungkan hanya dengan jaket putih lainnya. Hal ini untuk meminimalisir warna jaket yang luntur hingga merusak warna jaket lain.


tips mencuci jaket
Tips mencuci jaket: gunakan pelembut pakaian.


Gunakan Pelembut Pakaian Tips Mencuci Jaket

Pelembut pakaian ternyata memang diperlukan, bukan sekadar untuk menambahkan wangi saja. Pelembut pakaian yang kita gunakan saat mencuci jaket ternyata berfungsi untuk melumasi serat kain pada jaket, sehingga tidak cepat rusak ataupun memudar warnanya.


Cuci Jaket dengan Air Dingin Tips Mencuci Jaket

Agar warna jaket tetap cerah dan tidak pudar, sebaiknya cuci menggunakan air dingin saja. Ya walaupun ada beberapa jaket dengan bahan tertentu yang lebih disarankan untuk dicuci dengan air hangat, jaket kulit misalnya. Untuk itu, periksa label dengan seksama terlebih dahulu ya.


tips mencuci jaket
Tips mencuci jaket: gunakan air dingin dan balik jaket saat dicuci.


Balik Jaket Saat Dicuci Tips Mencuci Jaket

Tips mencuci jaket selanjutnya agar warnanya tetap cerah adalah dengan membalik jaket saat dicuci. Bila kita selalu mencuci bagian luar jaket, maka akan terlihat lebih cepat memudar warnanya. Berbeda bila bagian dalam jaket dibalik saat dicuci, maka bila bagian dalam yang pudar tidak akan terlihat saat dikenakan.


Jemur dengan Teknik yang Tepat

Setelah mencuci, tiba saatnya untuk menjemur jaket. Menjemurnya pun tak bisa asal-asalan. Adapun tipsnya adalah dengan memahami bahan jaket yang dipunyai. Sebagian besar jaket tidak masalah bila dijemur langsung di bawah matahari, asal tidak terlalu lama karena bisa membuat warna jadi lebih cepat pudar. Namun ada pula bahan jaket yang sebaiknya diangin-anginkan hingga kering, misalnya jaket kulit.


Itu dia 7 tips mencuci jaket yang bisa langsung dipraktikkan. Tips mana yang jadi favoritmu?

Komentar

back to top