Semanggi Jakarta, Apa Makna Sebenarnya dari Semanggi? — Tiara Tia - A Lifestyle and Review Blog

Semanggi Jakarta, Apa Makna Sebenarnya dari Semanggi?

Semanggi Jakarta. Teman-teman pasti tak asing dengan nama tersebut. Semanggi identik dengan jembatan layang dan sebagai nama sebuah kawasan di Jakarta Selatan, mengingat lokasinya yang memang strategis. Namun semanggi bukan hanya sekadar Semanggi Jakarta saja. Sebenarnya apa saja sih makna sebenarnya dari Semanggi itu?


semanggi jakarta




Semanggi Jakarta, Apa Makna Sebenarnya dari Semanggi?




Jembatan Semanggi

Nama Semanggi diabadikan sebagai nama jembatan layang yang akhirnya menjadi nama kawasan di Jakarta Selatan. Jembatan Semanggi terletak di atas persimpangan Jalan Sudirman serta Jalan Gatot Subroto. Lokasinya tak jauh dari titik masuk wilayah Karet, Setiabdi serta Markas Polda Metro Jaya.

Jembatan dengan bentuk menyerupai daun semanggi ini dibangun atas inisiasi Bung Karno, Presiden pertama Indonesia yang dimulai pada tahun 1961. Bentuk daun semanggi dipilih dengan nilai filosofi bahwa susunan daunnya dianggap sebagai simbol persatuan bangsa kita.


semanggi jakarta
Jembatan Semanggi. Sumber gambar: goodnewsfromindonesia


Kelurahan Karet Semanggi

Ada pula Kelurahan Karet Semanggi yang terletak di wilayah Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Luas wilayahnya 89.79 Ha yang terbagi menjadi 15 RT dan 3 RW. Secara rinci, 23.33 Ha dari total wilayah digunakan untuk perumahan dan pekarangannya, 25.33 Ha untuk perkantoran dan perindustrian, dan sisanya 18.63 Ha diperuntukkan untuk fasilitas umum.


Tragedi Semanggi I dan Tragedi Semanggi II

Nama Semanggi pun tersemat dalam dua buah tragedi pelanggaran HAM: Tragedi Semanggi I dan Tragedi Semanggi II. Keduanya merujuk pada dua aksi protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda Sidang Istimew MPR, mengakibatkan tewasnya warga-warga sipil.

Tragedi Semanggi I terjadi pada 11-13 November 1998 dengan korban tewas sebagai 17 orang warga sipil. Sedangkan Tragedi Semanggi II terjadi pada tanggal 24 September 1999, dengan korban tewas 1 mahasiswa dan 11 orang lain di seluruh Jakarta, juga terdapat 217 orang korban luka-luka.


semanggi jakarta
Plaza Semanggi. Sumber gambar: synthesis-development


Plaza Semanggi

Semanggi Jakarta terdapat pula sebagai nama dari salah satu pusat perbelanjaan di ibukota negara Indonesia tersebut. Plaza Semanggi namanya. The Plaza Semanggi atau Plaza Semanggi terletak di kawasan Semanggi, Jakarta Selatan.

Pusat perbelanjaan ini mulai beroperasi sejak tahun 2004, mencakup di dalamnya Balai Sarbini serta Gedung Veteran RI. Sebagai kaum milenial baik perempuan maupun laki-laki, pastilah teman-teman paling familiar dengan Plaza Semanggi, dan pasti pernah jalan-jalan ke mall satu ini kan?


semanggi jakarta
Tanaman semanggi.


Tanaman Semanggi

Bukan hanya jembatan dan nama kawasan, Semanggi juga merupakan nama dari sejenis paku air (Salviniales) dari warga Marsilea. Paku air jenis ini dapat diitemukan dengan mudah di pematang sawah ataupun tepi saluran irigasi di Indonesia. Tumbuhan jenis ini dapat tumbuh merambat di lingkungan perairan dengan tangkai mencapai 20 cm dan terdapat bagian yang muncul di permukaan air setinggi 3-4 cm.

Bentuk entalnya sendiri terdiri dari empan anak daun yang berhadapan menyerupai payung dengan ukran rata-rata panjangnya 2,5 cm dan lebar 2,3 cm dengan tekstur tipis, lembut, dan berwarn hijau gelap. Tanaman semanggi sering dianggap sebagai gulma, tapi dipercayai bahwa punya banyak manfaat loh.


semanggi jakarta
Pecel semanggi. Sumber gambar: idntimes.


Pecel Semanggi

Daun Semanggi sendiri biasa dijadikan bahan pecel semanggi, makanan khas dari Surabaya. Pecel semanggi dibuat dari daun semanggi yang dikukus dan disajikan dengan sambal pedas. Semanggi pun dihidangkan dengan kangkung, kecambah, kerupuk uli di atas daun pisang yang dipincuk.

Bumbunya pun berbeda dengan pecel biasanya, bumbu pecel semanggi ini dari ketela rambat, gula merah, kacang tanah, dan petis, yang identik dengan makanan khas Surabaya. Ketela rambat ini membuat pecel semanggi terasa ada hint manis.


Itu dia beberapa hal yang identik dengan Semanggi Jakarta ditambah dengan tanaman semanggi dan pecel semanggi. Semoga teman-teman tidak bingung lagi dengan nama semanggi ini ya!

Komentar

back to top