5 Situs Download Gambar Gratis dengan Lisensi Creative Common — Tiara Tia

Tiara Tia

Because Every Woman is A Princess

5 Situs Download Gambar Gratis dengan Lisensi Creative Common

Orang-orang yang berhubungan dengan dunia desain, blogger salah satunya, pasti tahu dong struggling-nya nyari gambar yang pas untuk kebutuhannya. Download gambar, gambar gratis, shutterstock.

Nah kalau aku yang blogger ini, ya seringnya struggling dengan gambar sebagai penunjang artikel-artikel di blog. Di Google kan banyak, Nin? Iya, Google tentu saja punya banyak gambar tersedia. Namun bagaimana dengan hak cipta atau copyright dari gambar-gambar tersebut? Tidak jelas, apalagi sebuah gambar bisa jadi tidak bisa lagi kita telusuri sumber awalnya.

Kenapa nggak bikin sumber gambar: Google gitu sih? Ya bukan dong say, walaupun kita mengambil gambarnya dari Google gambar, Google bukanlah pemilik dari gambar-gambar tersebut. Google ataupun situs pengumpul gambar lain seperti pinterest, hanyalah search engine yang bertugas untuk mengumpulkan gambar-gambar.

Google atau Pinterest bukanlah sang pemilik gambar.

Salah satu solusinya, ya mencari gambar dengan lisensi berbayar dong. Salah satu situs penyedia gambar berbayar ini adalah Shutterstock. Shutterstock menyediakan semua gambar, ilustrasi, serta vektor dari penggunanya di seluruh dunia, tentunya dengan kualitas premium.

Sayangnya, Shutterstock mewajibkan kita untuk menggunakan paypal atau kartu kredit sebagai media pembayarannya. Tapi karena aku masih menganut paham 'belum terlalu membutuhkan kartu kredit jadi bikinnya kapan-kapan aja' dan belum punya akun paypal, maka untuk membeli gambar di Shutterstock jadi sedikit rempong.

And trust me, aku benci kerempongan ini, walaupun pada dasarnya aku sering jadi miss rempong wkwkwk.

Makanya aku lebih memilih untuk menggunakan foto milikku pribadi atau gambar berlisensi creative common yang bisa digunakan secara gratis untuk pemakaian pribadi dan bukan untuk pemakaian komersial. Singkatnya, gambar yang diperbolehkan untuk digunakan dengan tujuan kepentingan pribadi.

Mengutip dari webnya, creativecommon.org

Setiap lisensi membantu para pencipta tetap memegang hak cipta walau mengizinkan orang lain untuk menyalin, menyebarluaskan, dan menggunakan ciptaan mereka - paling tidak untuk kepentingan nonkomersial. Setiap lisensi Creative Commons juga menjamin para pencipta mendapatkan kredit yang pantas atas ciptaan mereka. Setiap lisensi Creative Commons dapat digunakan di seluruh dunia dan berlaku sepanjang masa berlaku hak cipta.

Ada banyak situs penyedia gambar berlisensi creative common ini. Ada apa saja?



5 Situs Download Gambar Gratis dengan Lisensi Creative Common



Pixabay.com Download gambar, gambar gratis

Pixabay adalah situs penyedia gambar CCO yang paling sering kukunjungi. Hal ini dikarenakan oleh Pixabay memiliki gambar yang lumayan lengkap dengan kualitas gambar yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Pixabay juga aman untuk mencari gambar, karena ada fitur safe search. Bebas dari gambar-gambar aneh deh.




Stocksnap.io Download gambar, gambar gr

Stocksnap.io menyediakan ribuan gambar CCO dengan fitur review. Dengan fitur reviewnya ini, kita bisa mencari gambar-gambar populer berkualitas tinggi. Stocksnap.io juga selalu diperbarui koleksinya loh.


Unsplash.com Download gambar, gambar gr

Untuk yang menginginkan gambar gratis dengan resolusi tinggi, unsplash bisa menjadi pilihan. Kualitas gambar yang disediakan unsplash bagus-bagus loh.


Pexels.com Download gambar, gambar gr

Pexels juga tak kalah asyik untuk diulik. Aku sering nemuin gambar lucu-lucu nih di sini. Apalagi dengan keyword tertentu.

Tookapic Download gambar, gambar gr

Stok.tookapic.com juga menyediakan gambar dengan resolusi tinggi. Ada banyak foto yang bisa dipilih, mulai dari yang gratis sampai berbayar, semua ada di Tookapic.


Gimana? Selain lima situs di atas, masih ada banyak lagi situs penyedia gambar gratis lainnya loh. Jadi, jangan lagi bikin 'sumber gambar: google' ya! ^^


Referensi: creativecommons.org



Komentar

back to top