Cuci Piring Secara Fun Punya Banyak Manfaat, Loh! — Tiara Tia - A Lifestyle and Review Blog

Cuci Piring Secara Fun Punya Banyak Manfaat, Loh!

Pernah nggak sih, ketemu sama 'aha' moment di saat mengerjakan suatu pekerjaan? Aku pernah sih, sering malah. Sebagai salah seorang bloger alias konten kreator, salah satu bagian dari membuat konten, termasuk di dalamnya konten blogpost, adalah mencari ide untuk konten tersebut. Proses mencari ide ini biasanya memakan waktu cukup lama, bisa berjam-jam bahkan berhari-hari. *maunya sih proses ini tuh cepet aja, ya tapi kan nggak bisa, gaes. cuci piring

Karena proses pencarian ide ini cukup menghabiskan waktu, proses ini sering kali kulakukan sembari mengerjakan tugas lainnya. Misalnya, sembari mengerjakan pekerjaan rumah, atau tugas lain yang telah mendekati deadline. Salah satu pekerjaan rumah yang sering kali membuatku mendapatkan 'aha' moment tersebut adalah mencuci piring.


cuci piring



Iya, kalian nggak salah baca, kok. Mencuci piring yang biasanya dilakukan karena banyaknya peralatan makan yang kotor yang bertumpuk, ternyata punya banyak manfaat yang harus kita ketahui. Ada apa saja?




Cuci Piring Secara Fun Punya Banyak Manfaat, Loh!




Meningkatkan Kreativitas

Seperti yang kujelaskan sebelumnya, mencuci piring dapat membantu untuk meningkatkan kreativitas, terutama untuk para pekerja kreatif. Mencuci piring dengan gerakan yang berulang dan itu-itu saja akan membuat kita lebih rileks dan lebih kreatif. Nggak heran kalau kita bisa mendapatkan banyak ide baru saat sedang mencuci piring, bahkan ide yang out of the box sekalipun. Cobain aja, membantu banget, loh!


Cuci Piring dapat Mengurangi Kadar Stres

Seorang perempuan, baik bekerja atau di rumah saja dengan rutinitas pekerjaan rumah dan kantor yang tiada habisnya, rentan terkena stres dan rasa jenuh. Namun, tahukah teman-teman, bahwa mencuci piring dapat membantu untuk mengurangi kadar stres. Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa cuci piring bisa memperbaiki mood, menjauhkan pikiran buruk, serta memusatkan pikiran pada air dan sabun cuci.

Gerakan yang berulang saat mencuci piring ternyata punya efek menenangkan, menurunkan ketegangan, serta menstimulasi perasaan bahagia. Efek ini bahkan sama dengan efek dari bermeditasi. Bahkan cuci piring dapat mengurangi ketegangan hingga 23% dan memperbaiki mental hingga 25%. Canggih banget, kan?


cuci piring



Menghindari Alergi

Bekerja penuh waktu saat weekdays ditambah menjadi konten kreator, membuatku pernah berkeinginan untuk membeli mesin pencuci piring untuk mempermudah kehidupan. Maunya sat set sat set berkat bantuan alat-alat rumah tangga di rumah (yang membantu banget itu). Namun ada studi bahwa mencuci piring secara manual membuat sistem kekebalan tubuh anak menjadi lebih terbentuk, dibandingkan dengan yang menggunakan mesin pencuci piring di rumahnya yang memiliki kecenderungan punya alergi.

Mengapa? Sebab sistem kekebalan tubuh atau sistem imun lebih terbentuk bila mencuci piring secara manual, sehingga lebih tahan banting terhadap alergi-alergi.


Melatih Motorik Anak

Fun fact: mencuci piring ternyata dapat merangsang tumbuh kembang tubuh, juga melatih sistem motoriknya. Kekuatan otot tangan akan terus dilatih saat memegang peralatan makan, loh.


Lebih Mandiri dan Bertanggung Jawab

Bukan hanya melatih motorik anak, mencuci piring juga menjadi satu hal krusial dalam belajar mandiri dan bertanggung jawab, sebelum melepasnya menjalani dunia ini. Anak pun lebih mandiri dan bertanggung jawab.



Nah, itulah 5 manfaat mencuci piring secara fun. Selain rajin cuci piring, hal lain yang harus diperhatikan adalah wastafel cuci piring pun harus rutin dibersihkan. Ya iyalah ya, masa wastafel dibiarkan begitu saja, lama-lama ya jadi kotor juga. Selamat bersih-bersih, selamat relaksasi, eh maksudnya selamat cuci piring! ^^

Komentar

back to top