Having Fun Saat Bekerja Agar Tetap Produktif dan Bahagia, Ada 5 Tipsnya — Tiara Tia - A Lifestyle and Review Blog

Having Fun Saat Bekerja Agar Tetap Produktif dan Bahagia, Ada 5 Tipsnya

 Berada dalam sebuah rutinitas yang dilakukan secara berkesinambungan sering kali membuat kita kelelahan. Bekerja misalnya, rutinitas satu ini 'wajib' dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Tekanan dari pekerjaan dapat membuat kita merasa capek, baik fisik maupun mental. Makanya banyak orang bilang bahwa rutin olahraga dapat membantu membuat kita merasa lebih baik (pssst, ada beberapa manfaat sebenarnya pemanasan sebelum olahraga, loh!). having fun


Tentu saja kita tidak boleh membiarkan rasa lelah ini berlanjut, sebab bila terus berlarut-larut maka dapat mempengaruhi produktivitas dalam bekerja, loh. Makanya having fun saat bekerja itu penting, agar kita tetap produktif dan bahagia. Ada beberapa tips having fun saat bekerja yang bisa dipraktikkan, ada apa saja?


having fun




5 Tips Having Fun Saat Bekerja, Agar Tetap Produktif dan Bahagia




Ambil Jeda Sejenak


Bekerja dalam kurun waktu tertentu dapat membuat otak menjadi tegang sehingga kadar fokus menurun. Kita pun dapat dilanda bosan dan kreativitas berkurang. Untuk itu ambillah jeda sejenak, guna merilekskan diri sebelum melanjutkan fokus dalam bekerja.

Nggak perlu waktu lama kok, misalnya setelah mengerjakan tugas selama satu jam, ambil jeda selama 10 menit untuk sekadar mengerjakan hal yang disukai. Misalnya membaca buku, menelpon, membuat sketsa, bermain games, atau hobimu yang lain.


Mendengarkan Musik


Coba deh saat sedang suntuk, alihkan perasaan suntuk tersebut dengan mendengarkan musik. Musik, terutama musik berirama lambat, terbukti memiliki efek menenangkan untuk tubuh dan pikiran. Musik tipe ini pun punya fungsi fisioligis, yang dapat memperlambat denyut nadi juga detak jantung. Dengan mendengarkan musik kesukaan, dijamin kita jadi lebih happy saat bekerja, deh!


Manfaatkan Waktu Istirahat dengan Sebaik-baiknya


Sering kali kita tidak adil kepada diri sendiri dengan cara korupsi waktu. Tapi korupsi yang dimaksud di sini, yang bagaimana sih? Gini, gaes. Contohnya nih ya, deadline tugas sudah di depan mata, sementara masih banyak yang harus dikerjakan. Lantas agar semua cepat selesai, waktu istirahat malah dikorbankan.


having fun
Jangan lupa have fun, agar tetap bahagia.


Akibatnya apa? Tentu saja stres melanda. Padahal waktu istirahat yang telah ditetapkan tersebut adalah hak bagi tubuh kita, loh. Yup, tubuh kita perlu beristirahat dan tentu saja diberikan asupan makanan bernutrisi lengkap. Bagaimana tubuh dapat menghasilkan energi bila kita tidak menjaga dan memberikan asupan nutrisi? Jadi manfaatkan waktu istirahat dengan sebaik-baiknya, ya.


Beri Reward untuk Diri Sendiri


Bekerja selama weekdays (dan bahkan ada pula yang bekerja di akhir pekan), wajar bila kita memberi reward atau penghargaan untuk diri sendiri. Cukup dengan penghargaan kecil, misalnya memberikan izin kepada diri sendiri untuk membeli buku baru setiap bulan berganti dan kita berhasil menyelesaikan tugas-tugas kantor dengan baik.

Bisa juga dengan membelikan barang lain, makanan yang diinginkan, atau menonton film yang sudah ditunggu sejak lama. Toh, yang bisa kasih penghargaan bukan hanya bos di kantor saja, bukan?


Jangan Lupa Having Fun dengan 'Me Time'


Me time, penting? Penting banget, dong. Jangan lupa sediakan me time setiap hari, ya. Bisa dengan cara menikmati saat-saat kamu menghapus make up, minum teh hangat sembari membaca buku menjelang tidur, atau mungkin menyempatkan waktu untuk menulis jurnal. Lakukan apa saja yang kamu inginkan, selama bisa membuatmu rileks dan bahagia. Jadi saat harus bekerja, mood dan pikiran jadi lebih baik sehingga lebih produktif.


Nah, itulah 5 tips having fun saat bekerja, agar tetap produktif dan bahagia. Tips mana yang paling sering kamu lakukan dan menjadi favoritmu? ^^

Komentar

back to top